Sabtu, 25 Mei 2013

Home » BISNIS.COM: BURSA EROPA: Alami Pekan Terberat Dengan Kerugian

,
BISNIS.COM
Bisnis Indonesia Online // via fulltextrssfeed.com
BURSA EROPA: Alami Pekan Terberat Dengan Kerugian
May 25th 2013, 15:39

130523_bursa eropaok.jpgBISNIS.COM, LONDON--Bursa Eropa mengalami kerugian mingguan untuk pertama kali dalam   satu bulan  lebih karena investor memperdebatkan  langkah Federal Reserve  yang kembali akan melakuan  stimulus dan manufaktur China menyusut secara tak terduga.

FirstGroup Plc anjlok 43%  setelah perusahaan bus dan kereta api asal Inggris itu,  menghentikan  dividen dan mengumumkan penawaran hak  untuk mencegah penurunan peringkat kredit. SAP AG, perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar, mengalami penurunan terbesar dalam 21 bulan setelah mengubah struktur dewan. Bankia SA (BKIA), bank Spanyol yang dinasionalisasi, tenggelam 85%  sebelum debt swap minggu depan.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 1,7%  menjadi 303,35 pada akhir pekan  ini, termasuk penurunan terburuk dalam 10 bulan pada 23 Mei setelah Ketua Fed Ben S. Bernanke mengatakan bank sentral akan mempertimbangkan langkah-langkah stimulus  jika ekonomi AS membaik. Indeks itu sempat  naik ke level tertinggi sejak Juni 2008 sebelum aksi jual, yang didukung oleh kebijakan moneter dan lebih baiknya  perkiraan data ekonomi AS.

"Pernyataan  Bernanke membuat  orang-orang mulai khawatir," kata Alberto Espelosin, dari Abante Asesores Gestion di Madrid, dalam sebuah wawancara telepon. "Kita semua tahu  Fed  pada satu titik harus mengurangi tingkat pembelian. Itu adalah reaksi logis pasar  minggu ini, mengingat  indeks sudah berada di rekor tertinggi."

Standard & Poor 500 (SPX) turun 0,8%  pada 22 Mei saat Bernanke  dalam kesaksian kepada Kongres mengatakan  laju pembelian aset dapat dipotong "dalam beberapa pertemuan berikutnya" jika ekonomi membaik. "Itu adalah awal dari pernyataan sebelumnya di mana ia menekankan bahwa kebijakan akan tetap "sangat akomodatif,"  tulis Kevin Logan, kepala ekonom AS  HSBC Holdings Plc,  dalam sebuah laporan kepada investor pekan ini.

Meski begitu, data ekonomi Eropa menunjukkan beberapa perbaikan. Sebuah pengukur  jasa kawasan euro dan output pabrik meningkat lebih dari perkiraan ekonom untuk Mei, menambah tanda-tanda wilayah ini mulai muncul dari  resesi  panjang. Kepercayaan bisnis Jerman naik untuk pertama kalinya dalam tiga bulan.

DAX Drops

Namun, 15  dari 18 benchmark Eropa barat menurun minggu ini. Indeks DAX Jerman (DAX) dan indeks CAC 40 di Prancis turun 1,1%. Indeks   FTSE 100  kehilangan 1%. "Kami tidak berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang lain daripada koreksi," kata Cyril Castelli, kepala eksekutif Rcube SAS  di Paris. "Anda memiliki valuasi yang menarik dan lingkungan likuiditas yang jauh lebih baik. Ada potensi besar run-up dalam ekuitas zona euro dan kami akan menggunakan koreksi berkelanjutan sebagai kesempatan membeli."

Indeks Stoxx 600 mencapai valuasi 13,6 kali dari estimasi laba pada 22 Mei, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, tertinggi sejak Januari 2010.

FirstGroup (FGP) anjlok 43%  minggu ini, penurunan terbesar setidaknya sejak 1995. SAP turun 6,5%, terbesar sejak Agustus 2011. Bankia, kelompok perbankan Valencia yang  diselamatkan oleh bantuan Eropa tahun lalu, anjlok 85%. Pemberi pinjaman akan mengeksekusi debt swap pada  Selasa depan dan  praktis akan menghapus pemegang saham yang ada ditambah tawaran hak paralel yang akan meningkatkan €15,50 miliar (US$ 20 miliar).

The Spanyol regulator, CNMV, mengatakan akan menyelidiki aktivitas perdagangan setelah 49,39 juta  saham Bankia berpindah tangan pada  23 Mei, lebih dari dua kali lipat saham modal  sebanyak19,93 juta  saham, padahal saham anjlok 51%.

Britvic Plc  yang paling meningkat dalam  delapan bulan lebih pada 22 Mei setelah mengatakan akan menutup pabrik dan mengurangi staf setelah meninggalkan merger dengan AG Barr Plc. Saham Britvic naik 11%  minggu ini, sementara Barr tergelincir 0,2%.

Metro AG melonjak 8,3% , tertinggi dalam enam bulan, setelah Morgan Stanley merekomendasikan membeli saham untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Broker mengutip prospek pelepasan lebih lanjut sebagai peritel terbesar Jerman mereorganisasi.(msb)

Editor : Martin Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions