Rabu, 22 Mei 2013

Home » BeritaSatu - Ekonomi: DPR Minta Akuisisi Bank Danamon Dikaji Ulang

,
BeritaSatu - Ekonomi
// via fulltextrssfeed.com
DPR Minta Akuisisi Bank Danamon Dikaji Ulang
May 22nd 2013, 06:12

Jakarta - Sejumlah anggota DPR menyesalkan persetujuan Bank Indonesia (BI) terhadap akuisisi saham Bank Danamon oleh Development Bank of Singapore (DBS) Group Holding Ltd.

Karenanya, DPR akan meminta penjelasan dari Gubernur BI yang baru, Agus Martowardoyo, untuk mengklarifikasi banyak hal terkait akuisisi itu.

"Kami akan meminta keterangan soal ini ke gubernur BI yang baru," kata Anggota Komisi XI DPR, Arif Budimanta, di Jakarta, Rabu (22/5).

Lembaga Parlemen itu pun berkomitmen tetap memperjuangan terciptanya asas timbal balik atau resiprokalitas apabila kesepakatan itu mau dilanjutkan.

Arif Budimanta mengatakan BI seharusnya mendorong perjanjian asas resiprokalitas dengan pihak Singapura sebelum menyetujui akuisisi Danamon. Dengan itu, bank nasional di Indonesia juga bisa membuka layanan di Singapura.

"Kami minta BI melakukan kaji ulang atau review atas putusan persetujuan akuisisi," tegas Arif.

Anggota Komisi VI DPR Lili Asdjudiredja, mengatakan akuisisi Danamon itu sangat jelas mengesankan begitu dalamnya penguasaan asing dalam industri perbankan nasional.

Dia menilai masuknya ke industri tak sekedar berbisnis, namun lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan fiskal dan moneter nasional.

Lili berharap para pemegang otoritas moneter menyadari masalah itu.

"Jadi pola pikirnya seharusnya agar kita lebih mandiri, bukan sebaliknya menyerahkan banyak urusan pada asing tanpa pembatasan yang ketat," kata Lili di Jakarta, Rabu (22/5).

Dia menekankan bahwa Pemerintah dan Otoritas terkait seharus membatasi kepemilikan asing di perbankan nasional.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions